Bulan: Februari 2016

Langkah Penting Menjadi Vegetarian

Inilah Beberapa Langkah Penting Untuk Menjadi Vegetarian

Temukan beberapa Langkah Penting Menjadi Vegetarian dan hilangkan daging dari pola makan anda seutuhnya.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kesehatan mengenai Langkah Penting Menjadi Vegetarian. Dengan beralihnya menjadi seorang vegetarian adalah salah satu cara hidup sehat dan baik untuk kesehatan tubuh anda. Kurangi makanan yang tinggi akan lemak dan kalori yang bisa menimbulkan naiknya berat badan anda dan dapat hidup lebih lama. 

Mencari gaya dan pola hidup sehat saat ini bisa dikatakan sulit. Saat ini kita lebih banyak beraktifitas sepanjang hari dan disuguhi dengan makanan instant atau junk food, yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Nah, jika anda tertarik untuk menjadi seorang vegetarian, setidaknya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda memulainya. 

Sekilas Mengenai Informasi Vegetarian Serta Manfaat Positif Menjadi Vegetarian

langkah penting menjadi vegetarian1Langkah penting menjadi vegetarian -, Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi makanan laut seperti ikan, atau produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu.

Apa Saja Manfaat Menjadi Vegetarian?

-Hidup lebih hemat
Vegetarian juga membuat kamu menjadi hemat. Sayur dan buah-buahan tentu memiliki perbedaan yang sangat tinggi dalam hal harga. Dengan berbelanja makanan konsumsi vegetarian, kamu pun bisa menabung uangmu dan hidup dengan hemat.

-Menjaga Berat Badan
Jika kamu menginginkan berat badan ideal, tubuh sehat dan cantik, mulai saat ini kamu perlu membiasakan diri menjadi seorang vegetarian. Dengan menjadi vegetarian, seseorang pun bisa menjaga berat badannya untuk tetap ideal, tanpa harus berdiet ketat. Karena lemak-lemak jahat yang menyebabkan penumpukan di tubuh, umumnya berada pada makanan hewani.

Sebuah studi yang dilakukan di Oxford University menemukan bahwa 38.000 dewasa pemakan daging-dagingan lebih tinggi indeks massa tubuhnya daripada orang yang vegetarian. Kenaikan berat badan seorang vegetarian juga tercatat lebih rendah sejauh 5 tahun penelitian. Ini disebabkan karena makanan nabati lebih banyak mengandung antioksidan dan serat. Kedua unsur tersebut dipercaya bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

-Meningkatkan hormon seksual
Makanan nabati yang didapat dari sayuran atau buah-buahan seperti stroberi, kacang almon, ubi, dan semangka, juga dipercaya bermanfaat meningkatkan libido dan hormon seksual pada tubuh.

-Memperbaiki sistem pencernaan tubuh
Vegetarian bisa diterapkan untuk orang-orang yang mengalami kelainan dalam masalah pencernaan, atau yang menderita penyakit tertentu, sehingga tidak disarankan mengonsumsi makanan hewani. Makanan vegetarian yang berpola ringan dan sehat, dapat dengan mudah dicerna oleh enzim-enzim di dalam tubuh dan glukosa menjadi sumber yang tetap, sementara daging yang kaya akan kalori kemungkinan memiliki parasit di dalamnya dan sulit dicerna, karena protein komplek dan lemaknya.

-Terhindari dari Penyakit
Keutamaan lain dari makanan vegetarian adalah kemampuannya untuk memerangi penyakit berbagai yang menyerang tubuh, dengan asupan vegetarian yang kaya akan nutrisi nabati. Sebuah penelitian membandingkan risiko penyakit antara orang vegetarian dan pemakan daging. Ternyata, menjadi vegetarian dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Institute for Cancer Research juga menemukan bahwa menjadi vegetarian bisa mengurangi risiko kanker perut, usus, pankreas, payudara, rahim, dan ovarium. Ini disebabkan karena kandungan gizi di dalamnya mengandung bahan-bahan penting bagi tubuh yang bisa mencegah bakteri berbahaya, sehingga dapat mencegah penyakit seperti diabetes, tekanan darah rendah dan tinggi, kangker, ganguan ginjal, keropos tulang, dan berbagai penyakit lainnya.

-Sehatkan Pikiran
Vegetarian tidak hanya membantu memerangi penyakit, namun menambah beberapa program gizi dan hidup sehat. Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology menemukan bahwa aspuan sayuran yang besar juga dapat menghasilkan lebih banyak energi, ketenangan, perasaan bahagia, dan dampak positif pada suasana hati lainnya.

-Baik untuk kulit
Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, buah pepaya, jambu biji, apel, dan pir, juga dapat membantu membuat kulit dan tubuh sehat dan terbebas dari noda karena sistem ditetoksifikasi tubuh yang lancar, sehingga bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit.

Dengan mengkonsumsi sayuran segar dan mentah, tubuh juga dapat terhindar dari zat jahat yang disebut Advanced Glycation Endproducts atau AGEs. Senyawa AGEs ini dapat muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat tersebut menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak di perut.

Baca juga : Cara Untuk Meningkat Kekebalan Tubuh Pada Anak

Berikut Inilah Langkah Penting Untuk Menjadi Vegetarian

Menjadi vegetarian adalah sebuah pilihan bukan paksaan. Pertimbangkan untuk melakukannya secara bertahap dan bukan secara instan. Sebenarnya hal tersebut terjadi karena kurangnya asupan nutrisi yang ia dapat sebab ia tak tahu kandungan gizi dari makanan yang harus dikonsumsinya.

Jika anda berpikir untuk menjadi seorang vegetarian, berikut tips-tips yang bisa anda pertimbangkan untuk memulainya:

  • Belajar Mencintai Hewan

Dengan sering menghabiskan waktu bersama hewan, kamu akan lebih menyayangi mereka. Kamu akan lebih merasa sayang dan tidak tega saat memakannya. Hal ini tentu akan membuat kamu merasa lebih mudah untuk menjadi seorang vegetarian.

  • Secara Bertahap Mengubah Kebiasaan Makan

Secara langsung mengubah kebiasaan makan kamu tidaklah mungkin. Untuk itu, ubah kebiasaan makan kamu secara bertahap Kurangi konsumsi daging merah kamu secara bertahap, mulai dari seminggu sekali, dua hari hingga tidak mengonsumsi daging merah sama sekali. Jika perlu konsultasikan kepada ahli gizi kamu, agar perubahan makanan ini tidak mengganggu kesehatan kamu.

  • Mencoba Rasa Baru

Salah satu halangan terbesar saat menjadi vegetarian adalah kamu sudah terbiasa dengan lezatnya protein hewani. Cobalah untuk mengonsumsi makanan pengganti daging. Rajin mencoba resep makanan vegetarian, akan membuat kamu merasa tidak bosan mengonsumsi makanan vegetarian.

  • Ganti Camilan Kamu dengan Buah

Selain lebih sehat, camilan buah adalah pilihan yang tepat untuk vegetarian. Selain dengan memakannya langsung, buah yang kamu makan dapat kamu tambahkan pada smootie, jus dan salad.

  • Tetapkan Tujuan Anda

Ketika mencoba untuk menjadi vegetarian, penting untuk dipikirkan apa tujuan Anda. Setiap pagi ingatkan diri untuk tidak mengonsumsi daging. Apakah tujuan Anda adalah untuk makan sehat, menurunkan berat badan atu menghemat uang. Memantapkan niat menjadi vegan dalam diri sendiri membantu Anda untuk melawan keinginan mengonsumsi daging dan membantu untuk membangun kebiasaan makan makanan yang lebih sehat.

  • Perhatikan Asupan Gizi

Ini sangat penting untuk mengontrol asupan nutrisi Anda setiap hari demi menghindari kekurangan gizi. Diet harus memberikan tubuh yang lebih sehat untuk bekerja dengan baik. Jadi jika Anda mengalami masalah kesehatan, mungkin tubuh kekurangan nutrisi. Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi untuk membantu rencana makan vegetarian dan mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Menyesuaikan dengan rencana makan baru tidaklah mudah.

Nah itulah yang kami sampaikan mengenai Langkah Penting Menjadi Vegetarian, semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua.. Terus kunjungi situs https://caramengobatipenyakitepilepsiblog.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Langkah Penting Menjadi Vegetarian

Iklan